Custom Search

Wednesday, March 21, 2012

peranan bakteri dalam kehidupan manusia

PERANAN BAKTERI DALAM KEHIDUPAN MANUSIA
Anggapan bahwa bakteri merupakan makhluk hidup yang merugikan manusia tidaklah sepenuhnya benar. Bahkan, bakteri lebih banyak menguntungkan dari pada merugikan manusia. Lebih dari 90% bakteri justru bermanfaat. Mulai dari penghasil antibiotik, vitamin, bahan-bahan kimia, sampai penghasil biosida. Sementara itu, bakteri yang merugikan umumnya berkaitan dengan dengan penyabab rusaknya makanan dan penyabab penyakit pada manusia dan hewan.



1) Bakteri Yang Menguntungkan Manusia. Banyak zat-zat bermanfaat bagi manusia yang dihasilkan bakteri, seperti antibiotik. Adapun akibat aktivitas bakteri banyak juga eran bakteri dalam kehidupan manusia sangat besar. Baik akibat zat yang di hasilkannya mauppun akibat dari aktivitasnya yang menguntungkan, seperti bakteri pengikat nitrogen yang dapat menyuburkan tanah. Berikut beberapa contoh bakteri yang menguntunkanmanusia.

a) Bakteri Yang Berperan Dalam Siklus Nitrogen

Bakteri sangat penting dalam siklus nitrogen. Siklus ini penting terutama untuk tumbuhan karena tumbuhan memerlukan ion nitrat sebagai bahan dasar protein. Bakteri yang berperan dalamproses ini adalah Nitrosomonas, Nictrobacter, Agrobacterium, dan Nitrosococcus.

b) Bakteri Pengikat Nitrogen Bebas

Pada jenis tanaman polong-polongan (Leguminoceae) terdapat bintil-bintil pada akarnya. Binil-bintil akar tersebut mengandung bakteri Rhizobium yang dapat mengikat atau memfiksasi nitrogen bebas dari udara menjadi nitrat (NO ). Akibatnya, nitrogen bebas (N ) yang semula tidak dapat di serap tumbuhan menjadi dapat (NO ). Bakteri lain yang dapat mengikat nitrogen dari udara bebas adalah Clostridium, Azotobacter, dan Rhodospirillium.




c) Bakteri Penghasil Asam Dan Zat Kimia Lain

Jika alcohol dibiarkan terkena udara, alcohol tersebut akan berubah menjadi asam.
d) Bakteri Penghasil Antibiotik
Antibiotik adalah senyawa yang dihasilkanoleh mikroorganisme dan mampu menghambat pertumbuhan bahkan mematikan mikroorganisme lain. Antara lain streptomyces venezuele menghasilkan kloromisin dan kloramfenicol, S. griceus menghasilkan streptomisin, S. aureofasien menghasilkan aureomisin.

e) Bakteri Penghasil Biosida

Biosida adalah pestisida yang dihasilkan oleh makhluk hidup, bukan buatan pabrik. Biosida ini jauh lebih aman dibandingkan dengan pestisida. Contoh bakteri yang terkenal menghasilkan biosida adalah Bacillus thuringiensis, atau yang disingkat dengan Bt

f) Bakteri Pembusuk

Dengan adanya bakteri pembusuk, sampah organic akan diuraikn menjadi unsur-unsur hara yang bermanfaat untuk organisme lain. Terdapat bakteri Eschericia coli yang berperan dalam pembusukann sisa-sisa makanan.

2) Bakteri Yang Merugikan Manusia
Tidak semua bakteri menguntungkan manusia. Beberapa diantaranya merugikan manusia, baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Bakteri yang mnyebabkan penyakit tuberculosis adalah contoh bakteri yang merugikan manusia secara langsung. Bakteri yang menyebabkan pipa air ledeng berkarat adalah contoh bakteri yang merugikan manusia secara ridak langsung banyak diantara bakteri yang menyerang manusia bersifat “oportunitis” artinya, bakteri-bakteri tersebut secara normal memang berbeda di dalam tubuh manusia namun. Begitu kondisi tubuh menurun, bakteri-bakteri tsb menimbulkan penyakit, misalnya Streptococcus pneumoniae bakteri ini hidup di tenggorokan semua orang sehat. Begitu daya tahan tubuh menurun, missal akibat lelah, bakteri tsb berkembang biak secara cepat. Akibat, kita terserang penyakit tsb. Berikut ini akan dijelaskan beberapa contoh bakteri yang merugikan.


a)Bakteri Penyebab Penyakit

Bakteri peenyebab penyakit dinamakan bakteri pathogen. Adapun yang tidak menyebabkan penyakit dinamakan bakteri apatogen. Penyakit-penyakit yang disebabkan oleh bakteri tidak hanya menyeran manusia. Tetapi juga menyerang hewan dan tumbuhan. Berikut merupakan contoh-contoh penyakit yang disebabkan oleh bakteri.
NAMA PENYAKIT
JENIS BAKTERI
Tifus
Salmonella typhosa
Kolera
Vibrio comma
Disentri
Shigella dysentriae
Radang paru-paru
Diplococcus pneumonia
TBC
Mycobacterium tuberculosis
Lepra
Mycobacterium leprae
Gonorhoe
Neisseria gonorhoeae
Sifilis
Treponema pallidum
Patek / Frambosia
Treponema pertenue

0 komentar: