Custom Search

Wednesday, March 21, 2012

pengertian adminisrtasi dan administrasi perkantoran

PENGERTIAN ADMINISTRASI DAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN
1. Pengertian Administrasi
Tiap-tiap bentuk usaha, besar atau kecil, memerlukan cara-cara pengaturan dan penyelenggaraan yang efektif dan efisien agar tercapai hasil yang maksimal. Segala sumber daya yang digunakan harus diatur penggunaannya, sehingga tidak terjadi pemborosan yang berarti, dalam rangka mencapai tujuan atau keuntungan yang dinginkan untuk diperoleh. Inilah yang menjadi titik perhatian ilmu administrasi.
Secara etimologis, administrasi berarti penyelenggaraan, pengaturan atau pengurusan.
Dalam pengertian sempit, administrasi biasanya dimaksudkan orang dengan pekerjaan yang berhubungan dengan pekerjaan surat menyurat yang lazim terdapat di kantor-kantor. Misalnya : menulis atau mengetik surat, tabel, daftar mengagendakan, mengirimkan atau mengekspedisikan, mengarsipkan atau mendokumentasikannya.

Dewasa ini, sesuai dengan perkembangan ilmu administrasi, ruang lingkup administrasi jauh lebih luas daripada sekedar urusan surat menyurat seperti ditunjukkan di atas.
Menurut Burrup, administrasi adalah totalitas proses penyediaan dan penggunaan secara efektif sumber daya manusia dan sumber daya material yang diperlukan untuk mencapai tujuan-tujuan suatu bentuk usaha.
Administrasi dapat pula di definisikan sebagai suatu siklus tindakan-tindakan yang memungkinkan organisasi atau lembaga mencapai tujuannya dengan cara-cara yang efektif dan efisien.
Berdasarkan rumusan pengertian di atas ini, nyatalah bahwa :
a. Administrasi terdapat di dalam suatu bentuk organisasi atau lembaga.
b. Organisasi atau lembaga mempunyai seperangkat tujuan.
c. Untuk merealisasikan tujuan-tujuan organisasi atau lembaga dibutuhkan berbagai sumber-daya insani dan material, sebagai sarana penunjang atau contributing inputs.
d. Administrasi adalah alat bagi organisasi atau lembaga dalam rangka mencapai tujuan-tujuanya.
e. Segala kegiatan administrasi harus selalu berorientasi pada tujuan organisasi atau lembaga.
f. Segala kegiatan administrasi harus berlangsung secara efektif dan efisien agar tujuan-tujuan organisasi atau lembaga tercapai secara optimal.
g. Karena tiap-tiap organisasi atau lembaga melibatkan sedikitnya dua orang yang bekerja untuk mencapai tujuan bersama, maka kerjasama di antara anggauta-anggauta organisasi atau lembaga mutlak perlu dikembangkan secara harmonis.
2. Pengertian Administrasi Pendidikan
Fungsi utama tiap-tiap lembaga pendidikan adalah menyelenggarakan proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Ditinjau dari sudut personil lembaga pendidikan (sekolah) kegiatan ini ditangani oleh guru-guru. Dengan demikian, guru-guru selaku personil mengajar (teaching personnel) menjalankan fungsi pengajaran (teaching function).
Disamping kegiatan belajar-mengajar, beragam lagi kegiatan lain yang diselenggarakan di sekolah. Pada galibnya kegiatan-kegiatan ini termasuk ke dalam kategori kegiatan administratif, yang dilaksanakan oleh tenaga non pengajar (nonteaching personnel). Dengan kata lain mereka menjalankan fungsi administrasi yang berguna untuk menunjang fungsi yang disebut pertama.
Di dalam Encyclopedia of Education Research dikatakan bahwa administrasi pendidikan adalah proses pengintegrasian kegiatan-kegiatan personil dan pendayagunaan sumber-sumber material yang sesuai sedemikian rupa guna meningkatkan secara efektif erkembangan kualitas manusia.
Knezevich merumuskan administrasi sekolah sebagai proses yang berkenaan dengan upaya menciptakan, membina, merangsang, dan memadukan segala energi yang terlibat di dalam lembaga pendidikan ke arah perwujudan tujuan-tujuan yang ditentukan sebelumnya.
Sekali lagi tampak kepada kita bahwa titik orientasi administrasi pendidikan adalah tujuan-tujuan pendidikan. Titik orientasi administrasi sekolah adalah tujuan-tujuan pendidikan sekolah (tujuan pendidikan tingkat institusional). Titik orientasi administrasi atau manajemen kelas adalah tujuan-tujuan instruksional. Olah karena tujuan-tujuan pendidikan akan diwujudkan dalam diri para siswa, maka dapatlah dikatakan bahwa pada akhirnya komponen lembaga pendidikan yang paling penting adalah siswa. Konsekuensinya, segala fasilitas yang disediakan dan kegiatan yang diselenggarakan di sekolah diperuntukkan bagi kepentingan angkatan manusia didik ini. Kalau komponen ini diabaikan, berarti lembaga pendidikan yang bersangkutan telah mengingkari hakekat dan identitasnya sendiri.
Disamping para pelajar (siswa), sumber-daya insani yang ikut serta dalam penyelenggaraan lembaga pendidikan antara lain meliputi guru, kepala sekolah, pegawai administrasi, konselor, penilik (pengawas) sekolah dan para pejabat lain yang duduk di dalam instansi yang membawahi lembaga pendidikan. Di samping kategori personil yang disebut terakhir ini, anggota-anggota masyarakat dapat dan perlu juga memberikan sumbangannya untuk lebih mensukseskan program lembaga pendidikan (sekolah).
Sumber daya material yang digunakan di dalam lembaga pendidikan bermacam-macam, diantaranya adalah gedung sekolah, perabot sekolah seperti meja, bangku, kursi, lemari, mesin tik, fasilitas atau sarana instruksional seperti buku-buku, alat-alat peraga, proyektor, alat perekam suara dan/atau gambar, dan perlengkapan laboratorium. Di sini termasuk juga fasilitas finansial (uang).
FUNGSI-FUNGSI ADMINISTRASI PENDIDIKAN
1. Perencanaan
Proses perencanaan pada umumnya menyangkut peramalan dan pengambilan keputusan. Melalui peramal kita memperkirakan apa yang akan terjadi di masa datang berdasarkan apa yang terjadi di masa datang berdasarkan informasi yang diperoleh dari masa lalu dan masa kini. Semakin lengkap data yang diperoleh dan digunakan, dan semakin tepat penafsiran terhadap data tersebut, semakin besar peluang bagi ketepatan ramalan kita.
Perencanaan dapat diartikan sebagai penentuan langkah-langkah yang akan dilaksanakan di masa datang dalam rangka mencapai tujuan yang diingin kan. Oleh karena itu perencanaan melibatkan kegiatan pengambilan keputusan dari sejumlah alternatif.
Informasi mengenai keadaan masa lampau dan sekarang perlu dihimpun secara tepat, lengkap, dan dapat dipercaya. Berdasarkan informasi ini kita mengadakan taksiran tentang kondisi sekarang atau prediksi di masa depan. Berdasarkan taksiran inilah kita mengemukakan sejumlah alternatif tindakan. Dan dari antara alternatif-alternatif ini kita mengambil salah satu yang paling menguntungkan. Inilah keputusan yang kita ambil, dan yang akan dilaksanakan.
Demikian kita lihat bahwa perencanaan selalu berorientasi ke depan (future oriented).
Dalam rangka melakukan perencanaan pendidikan, prinsip-prinsip berikut perlu diperhatikan.
a. Perencanaan adalah suatu proses yang berkesinambungan.
b. Perencanaan adalah suatu proses yang komprehensif.
c. Perencanaan hendaklah menghasilkan rencana yang fleksibel dan realistis.
d. Perencanaan harus berorientasi pada tujuan.
e. Perencanaan pendidikan harus memperhitungkan aspek-aspek kuantitatif dan kualitatif pendidikan.
f. Perencanaan pendidikan harus melahirkan rangkaian tindakan yang jelas, terarah, dan menurut prinsip efisiensi dan efektifitas.
g. Perencanaan pendidikan harus didasarkan pada identifikasi fenomena pendidikan yang sedang terjadi.
2. Pengorganisasian.
Pada dasarnya, fungsi pengorganisasi berkenaan dengan upaya mengembangkan mata rantai hubungan-hubungan kerja (formal) dan pembagian di dalam organisasi atau lembaga. Untuk mencapai maksud ini pengorganisasian melibatkan usaha identifikasi tugas-tugas tersebut yang akan dilaksanakan, mengelompokkan tugas-tugas sehingga merupakan satuan-satuan, dan menetapkan wewenang yang diperlukan.
Secara umum dapat dikatakan, melalui pengorganisasian dicoba mempertemukan pekerja tertentu dengan pekerjaan dan fasilitas kerja yang spesifik. Di lingkungan sekolah, umpamanya, setiap guru mendapat tugas yang jelas serta wewenang yang sepadan. Dia harus mengetahui fasilitas belajar-mengajar yang perlu dan dapat digunakannya.
Menurut Blau, setiap organisasi formal mengandung ciri-ciri pembagian kerja yang jelas, hierarki wewnang dan tanggung jawab, sistem aturan dan kebijakan, interaksi yang bersifat nonpribadi, penugasan yang didasarkan pada kualifikasi teknis, dan efisiensi secara teknis. Namun demikian di lingkungan lembaga pendidikan pengembangan hubungan-hubungan antar pribadi khususnya dengan siswa mutlak perlu. Kita ketahui bahwa dengan hubungan antar pribadi khususnya dengan siswa mutlak perlu. Kita ketahui bahwa dengan hubungan formal saja interaksi akan sangat terbatas dan berlangsung kaku, dan jarak sosial terlalu besar.
3. Perangsangan
Untuk maksud yang sama dengan perangsangan (stimulasting), sering juga digunakan istilah pendorongan (motivating), pengaktifan, pengarahan dan lain-lain.
Perangsangan dilakukan dengan maksud agar para pekerja melaksanakan tugas-tugasnya dengan menggunakan kemampuannya semaksimal-maksimalnya.
Tidak ada resep perangsangan yang dapat digunakan dengan berhasil dalam setiap situasi. Namun demikian pedoman umum yang dapat digunakan adalah :
a. Motivasi kepada anak didik, bawahan, pegawai, dan sebagainya
b. Komunikasi yang efektif
c. Mengembangkan partisipasi aktif dikalangan pekerja.
d. Pemberian tugas yang sesuai dengan minat dan kemampuan pekerja
e. Perbaikan iklim organisasi dan kondisi-kondisi pekerja.
4. Pengkoordinasian
Koordinasi berarti sinkronisasi kegiatan-kegiatan ke arah pencapaian tujuan-tujuan. Jika semua pekerja mendapat hak untuk melaksanakan pekerjaan dengan cara yang dikehendaki masing-masing, maka setiap orang dari mereka biasanya dituntun oleh pikiran dan gagasan sendiri-sendiri mengenai apa yang diperbuatnya dan bagaimana akan dilakukannya.
Menurut Newport, koordinasi merupakan alat untuk mengkonsentrasi-kan dan menggunakan usaha-usaha kooperatif untuk melaksanakan tugas-tugas dengan cara-cara yang efektif dan ekonomis. Dengan koordinasi yang efektif para pekerja tidak akan melaksanakan pekerjaannya masing-masing tanpa memperhatikan akibat-akibatnya terhadap pekerjaan dan bagian lain serta terhadap pekerjaan sebagai suatu keseluruhan. Dengan koordinasi pekerjaan akan dimulai dan diselesaikan tepat pada waktunya.
5. Penilaian
Di dalam fungsi penilaian ini terlihat kegiatan-kegiatan monitoring, kontrol, dan supervisi. Monitoring dilakukan selama berlangsung proses pelaksanaan pekerjaannya untuk memperoleh informasi tentang pelaksanaan.
Demikian kita lihat bahwa penilaian, monitoring, kontrol dan supervisi berkaitan sangat erat dan mempunyai tujuan yang sama ialah untuk lebih memperbaiki pelaksanaan program suatu organisasi atau lembaga.
Penilaian tidak hanya mengenai hasil atau tujuan akhir seperti telah direncanakan semula. Penilaian semacam ini dalam rangka sistim instruksional disebut evaluasi sumatif. Penilaian juga dilakukan selama berlangsungnya proses kegiatan penilaian ini disebut formative evaluation.
Pendek kata, penilaian itu harus dilakukan secara berkesinambungan dan mengenai segi kehidupan organisasi atau lembaga.
BIDANG-BIDANG TUGAS ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Dimuka sudah dikatakan bahwa administrasi pendidikan berfungsi sebagai alat bagi lembaga pendidikan. Ini berarti bahwa administrasi pendidikan tidak memberikan sumbangan langsung terhadap pencapaian tujuan-tujuan pendidikan. Administrasi pendidikan hanya melaksanakan segala upaya yang mungkin agar proses belajar-mengajar dapat berlangsung dengan lancar, efisien dan efektif.
Meskipun beraneka ragam aspek yang diperhatikan dan kegiatan yang dilakukan oleh administrasi pendidikan, namun pada galibnya semua itu dapat digolongkan atas beberapa kategori atau bidang kegiatan pokok antaranya :
1. Administrasi Kurikulum
Di Indonesia, kurikulum ditentukan secara terpusat di tingkat Nasional. Ruang lingkup bahkan sekuensanya ditentukan secara sentral. Oleh karena itu, sekolah-sekolah yang sejenis dan setingkat menggunakan kurikulum yang sama.
Konsekuensi sistem sentralisasi kurikulum ini antara lain adalah sekolah-sekolah hanya tinggal melaksanakan kurikulum yang telah ditetapkan. Diantara kegiatan yang dapat dan perlu dilakukan oleh sekolah dalam rangka administratif kurikulum adalah :
a. Penyusunan kalender pengajaran tahunan.
b. Penyusunan jadwal pengajaran harian dan mingguan.
c. Pencarian dan pengembangan sumber-sumber belajar.
d. Pengembangan persiapan mengajar.
e. Pengembangan kegiatan-kegiatan kokurikuler.
f. Pengembangan instrumen penilaian, pelaksanaan, dan pelaporan hasil-hasil belajar.
g. Pengembangan strategi dan teknik-teknik mengajar-belajar.
2. Administrasi Personil
Pada umumnya personil pendidikan dibedakan atas personil instruksio-nal dan personil noninstruksional. Di Indonesia tergolong atas tenaga edukatif dan tenaga administratif. Tenaga edukatif seperti guru melaksanakan tugas-tugas pengajaran, sedangkan tenaga administratif melaksanakan tugas-tugas administratif dalam arti yang luas.
Banyak sekali kegiatan yang dilakukan dalam rangka administrasi personil ini. Diantaranya yang paling penting adalah :
a. Penentuan kebutuhan akan tenaga personil yang diperlukan, baik jumlah jenis maupun kualifikasinya.
b. Perumusan deskripsi pekerjaan.
c. Penyusunan struktur kompensasi.
d. Penyusunan struktur organisasi.
e. Penggerakkan.
f. Seleksi.
g. Pengusulan pengangkatan menjadi calon pegawai.
h. Penempatan dan poenyelenggaraan masa orientasi.
i. Penyelenggaraan masa percobaan.
j. Penilaian untuk keperluan pengembangan, promosi, penurunan pangkat atau kedudukan, transfer dan pemberhentian.
3. Administrasi Sarana
Banyak sekali jenis sarana pendidikan yang diperlukan oleh lembaga-lembaga pendidikan. Dalam bidang sarana umum misalnya adalah gedung dan lingkungan fisik sekolah. Perabot sekolah seperti lemari, meja dan kursi atau bangku, papan tulis, mesin tik, mesin stensil. Di bidang sarana instruksional termasuk buku-buku, alat peraga, perlengkapan laboratorium, dan berbagai media instruksional lain. Tidak pula dilupakan fasilitas olah raga dan kesenian.
Upaya yang perlu dilakukan berkenaan dengan pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, perawatan, pemeliharaan, dan pengaman sarana dimaksud. Yang penting diperhatikan disini adalah segala sarana yang tersedia hendaknya dimanfaatkan semaksimal mungkin. Oleh karena itu penting dilakukan upaya agar sarana senantiasa fungsional dalam artian selalu siap bila sewaktu-waktu diperlukan.
4. Administrasi Keuangan
Sumber-sumber keuangan sekolah yang utama adalah Pemerintah dan orang tua siswa. Melalui usaha POMG dapat pula diperoleh sumbangan dari pihak swasta. Atas usaha sekolah sendiri pun dapat diperoleh dana tambahan, umpamanya dengan membuka koperasi sekolah, peternakan, usaha kerajinan, perkebunan dan dari pameran atau pertunjukan sekolah.
Kegiatan-kegiatan yang tercakup dalam administrasi keuangan ini antara lain meliputi :
a. Penyusunan anggaran lengkap dengan peruntukannya
b. Pencarian sumber-sumber keuangan tanpa melanggar peraturan-peraturan yang berlaku.
c. Pengaturan pemasukan, penyimpanan, pengalokasian, pembelanjaan atau penggunaannya.
d. Pencatatan atau pembukuan.
f. Pemeriksaan dan penyusunan laporan pertanggungjawaban.
5. Administrasi Siswa
Prinsip-prinsip yang berlaku dalam administrasi personil yang telah dibicarakan di muka pada dasarnya terpakai juga dalam administrasi siswa. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam rangka ini antara lain :
a. Penentuan daya tampung sekolah.
b. Penentuan syarat-syarat, prosedur dan pelaksanaan pendaftaran.
c. Seleksi.
d. Pengelompokkan.
e. Penetapan dan pembinaan disiplin siswa.
f. Evaluasi siswa untuk berbagai keperluan seperti kenaikan kelas.
g. Pelaporan dan penyimpanan catatan data tentang siswa.
h. Administrasi Layanan-layanan Khusus
Untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar, berbagai layanan khusus bagi siswa perlu dikembangkan dan diatur penyelenggaraannua. Tujuannya adalah agar setiap siswa dapat memperoleh manfaat sebesar-besarnya dari situasi belajar-mengajar yang dilaksanakan di sekolah.
Layanan-layanan khusus dimaksud antara lain layanan bimbingan dan penyuluhan, layanan psikologis, layanan kesehatan, layanan makanan dan minuman dan layanan transportasi serta pemberian bantuan finansial atau material.
7. Hubungan Sekolah dan Masyarakat
Sekolah adalah salah satu lembaga sosial yang melayani anggota-anggota masyarakat di bidang pendidikan. Sekolah-sekolah hidup di tengah-tengah masyarakat dan kelangsungan hidupnya banyak ditentukan oleh masyarakat. Komponen utama di sekolah adalah anggota-anggota masyarakat, yaitu para siswa, yang harus dilayani sebaik-baiknya. Sekaligus berarti bahwa yang terutama memetik hasil pendidikan itu juga adalah masyarakat.
Hubungan dan kerjasama masyarakat hendaklah dipelihara dan ditingkatkan secara aktif oleh sekolah.
Dalam hubungan ini Burrup menunjukkan ciri-ciri hubungan sekolah dan masyarakat yang baik :
a. Jujur dalam maksud dan dalam pelaksanaan.
b. Implisit atau tersirat dalam seluruh program sekolah.
c. Berkesinambungan dalam penyelenggaraannya.
d. Positif dalam pendekatan.
e. Bersifat komprehensif.Peka dan sederhana dalam segi konsep dan perumusannya.

pengertian bakteri

Pengertian Bakteri, Bentuk Bakteri, Morfologi Bakteri dan Jenis Bakteri
Bakteri berasal dari kata bakterion, dalam bahasa yunani itu berarti tongkat atau batang. Sekarang nama itu dipakai untuk menyebut sekelompok mikroorganisme yang bersel satu, tidak berklorofil, berbiak dengan pembelahan diri, serta demikian kecilnya sehingga hanya tampak dengan mikroskop (Dwidjoseputro, 1998). Bakteri menurut Madigan (2009) berasal dari kata Latin bacterium (jamak, bacteria), adalah kelompok terbanyak dari organisme hidup. Mereka sangatlah kecil (mikroskopik) dan kebanyakan uniselular (bersel tunggal), dengan struktur sel yang relatif sederhana tanpa nukleus atau inti sel, cytoskeleton, dan organel lain seperti mitokondria dan kloroplas.

Syekh magelung sakti

Syeh Magelung Sakti
Syekh Magelung Sakti alias Syarif Syam alias Pangeran Soka alias Pangeran Karangkendal. Konon Syekh Magelung Sakti berasal dari negeri Syam (Syria), hingga kemudian dikenal sebagai Syarif Syam. Namun, ada pula yang berpendapat bahwa ia berasal dari negeri Yaman.
Syarif Syam memiliki rambut yang sangat panjang, rambutnya sendiri panjangnya hingga menyentuh tanah, oleh karenanya ia lebih sering mengikat rambutnya (gelung). Sehingga kemudian ia lebih dikenal sebagai Syekh Magelung (Syekh dengan rambut yang tergelung).

Sejarah sangkuriang

SEJARAH SANGKURIANG

Pada jaman dahulu kala, di tatar Parahyangan, berdiri sebuah kerajaan yang gemah ripah lohjinawi kerta raharja. Tersebutlah sang prabu yang gemar olah raga berburu binatang, yang senantiasa ditemani anjingnya yang setia, yang bernama "Tumang".

Pada suatu ketika sang Prabu berburu rusa, namun telah seharian hasilnya kurang menggembirakan. Binatang buruan di hutan seakan lenyap ditelan bumi. Ditengah kekecewaan tidak mendapatkan binatang buruannya, sang Prabu dikagetkan dengan nyalakan anjing setianya "Tumang" yang menemukan seorang bayi perempuan tergeletak diantara rimbunan rerumputan. Alangkah gembiranya sang Prabu, ketika ditemukannya bayi perempuan yang berparas cantik tersebut, mengingat telah cukup lama sang Prabu mendambakan seorang putri, namun belum juga dikaruniai anak. Bayi perempuan itu diberi nama Putri Dayangsumbi.

legenda malinkundang

Legenda Malin Kundang

Pada suatu waktu, hiduplah sebuah keluarga nelayan di pesisir pantai wilayah Sumatra. Keluarga tersebut terdiri dari ayah, ibu dan seorang anak laki-laki yang diberi nama Malin Kundang. Karena kondisi keuangan keluarga memprihatinkan, sang ayah memutuskan untuk mencari nafkah di negeri seberang dengan mengarungi lautan yang luas.
Maka tinggallah si Malin dan ibunya di gubug mereka. Seminggu, dua minggu, sebulan, dua bulan bahkan sudah 1 tahun lebih lamanya, ayah Malin tidak juga kembali ke kampung halamannya. Sehingga ibunya harus menggantikan posisi ayah Malin untuk mencari nafkah. Malin termasuk anak yang cerdas tetapi sedikit nakal. Ia sering mengejar ayam dan memukulnya dengan sapu. Suatu hari ketika Malin sedang mengejar ayam, ia tersandung batu dan lengan kanannya luka terkena batu. Luka tersebut menjadi berbekas dilengannya dan tidak bisa hilang.
Setelah beranjak dewasa, Malin Kundang merasa kasihan dengan ibunya yang banting tulang mencari nafkah untuk membesarkan dirinya. Ia berpikir untuk mencari nafkah di negeri seberang dengan harapan nantinya ketika kembali ke kampung halaman, ia sudah menjadi seorang yang kaya raya. Malin tertarik dengan ajakan seorang nakhoda kapal dagang yang dulunya miskin sekarang sudah menjadi seorang yang kaya raya.

contoh surat resmi

TPI - TQ NH
TAMAN PENDIDIKAN ISLAM
TARRBIYATUL QUR’AN NURUL HIDAYAH
Jl.sunn gunung jati desa grogol kec. Kapetakan - cirebon
Nomor : 09 Cirebon, 8 - februari 2012
Perihal : undangan maulid nabi
Kepada :
Yth. Bapak/ibu/saudara/i

........................................
Di
Tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Memberitahukan dengan hormat, kami selaku panitia maulid nabi dalam rangka merenungi malam maulid Nabi besar kita, nabi akhir zaman Rosulallah SAW. Demi untuk mempererat tali silaturohmi dan menjalin persatuan dan kesatuan umat Islam, kami selaku panitia bermaksud mengundang Bapak/ibu/Saudara/i untuk dapat menghadiri acara kami yang insya Allah kami laksanakan pada :

Hari : rabu malam kamis
Tanggal : 08 – februari - 2012
14-16 maulud 1433 H
Waktu : Pukul 20.30 WIB s/d. Selesai
Tempat : Di halaman tarbiatul qur’an nurul hidayah
Blok perbatasan karang kendal – grogol ( jayadi motor )
Dengan diisi acara marhaba akbar

Demikian undangan dari kami selaku panitia, besar harapan kami Bapak/Ibu/Saudara/i untuk hadir tepat pada waktunya tuk perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr, Wb


Pengurus sekertaris bendahara ketua paniti



Ustd. Muslim Agung Tarudin Munadi

cheat bully PS2

CHEAT BULLY
Peluru Tidak Terbatas


Tahan L1 Tekan ATAS, BAWAH, ATAS, BAWAH


Semua Berpakaian Ketat


L1, L1, R1, L1, L1, L1, R1, R1


Senjata/Peluru Penuh


Tahan L1 Tekan ATAS, ATAS


Semua Senjata


Tahan L1 Tekan ATAS, ATAS, ATAS, ATAS


UANG


Tahan L1 Tekan SEGITIGA, PETAK, BULAT, X


Semua Maju Berkelahi


Tahan L1 and tekan ATAS, KIRI, BAWAH, KANAN, SEGITIGA, PETAK, X, BULAT


DARAH PENUH


Tahan L1 Tekan R2, R2, R2

ceramah bahasa inggris

Asalamualaikum wr wb



I honorable my head master. I honorable all of my teacher and all my friends I love you all.
The first I want to thank to allah swt.because we can collect in here on the good situation and I hope it’s be deed for all, amin.
Greeting to greet my prophet Muhammad saw. To bring me from the darknes in to the lighnes.
Today I would like speech about “the real happy”.What is the happy?, Is the happy is some one be rich?

My friendi pround you a happy can’t value using anythink but the real happy if we have calm heart.
Many peoples rich but can’t be happy, the collect much of money but it be some one bussy because should save it the peoples never enough have much money, if they have motorcycle the want to have a car, if they have car they want have a plan and etc.
Rasulullah say:



It mean : “the rent rich is calm of heart”
My friend I love you all
They to know if live in this world just moment so we not only looking property for in the world but also the beyond .
So lets go we to looking anythink not only for the word but also for beyond, and don’t ever if you get property you can forget for the beyond because the real happy is when we on the beyond.
The last, I think enough more less I’m so sorry thank for your attention.

Billahi taofik wal hidayah
wassalamu’alaikum wr wb

Konstitusi

konstitusi : Pengertian, kududukan, sifat, fungsi, dan substansinya

1. pengertian konstitusi
a. Artinya luas konstitusi berarti hukum tata negara yaitu kesseluruhan aturan dan ketentuan (hukum) yang menggambarkan sistem ketatanegaraan yaitu negara
b. Konstitusi berarti hukum dasar, yaitu keseluruhan aturan dasar, baik yang tertulis maupun yang tak tertulis
c. Konstitusi berarti UUD yaitu satu atau beberapa dokumen yang membuat aturan-aturan dan ketentuan-ketentuan yang bersifat pokok atau dasar dari ketatanegaraan suatu negara.

Sejarah terbentuknya HAM

SEJARAH TERBENTUKNYA HAM
Umumnya para pakar di Eropa berpendapat bahwa cikal bakal HAM itu sebenarnya telah ada sejak lahirnya Magna Charta 1215 di kerajaan Inggris. Di dalam Magna Charta itu disebutkan antara lain bahwa raja yang memiliki kekuasaan absolut dapat dibatasi kekuasaannya dan dimintai pertanggungjawabannya di muka hukum. Dari sini lahir doktrin `raja tidak kebal hukum’ dan harus bertanggung jawab kepada rakyat. Walaupun kekuasaan membuat undang-undang pada masa itu lebih banyak berada di tangannya.’3 Semangat Magna Charta inilah yang kemudian melahirkan undang-undang dalam kerajaan Inggris tahun 1689 yang dikenal dengan undang-undang hak (Bill of Right).” Peristiwa ini dianggap sebuah keberhasilan rakyat Inggris melawan kecongkakan raja John, sehingga timbul suatu adagium yang berintikan “manusia sama di muka hukum (equality before the low)”.

Contoh lembar pengesahan

Lembar pengesahan


Tugas PKN


Tentang

HUBUNGAN DASAR NEGARA DENGAN KONSTITUSI











Cirebon, 24 februari 2012

Pembimbing
EKO SAPUTRA S.pd.i





( . . . . . . . . . . . . . . )

Tanggung jawab warga negara terhadap konstitusi dan dasar negara

Tanggung Jawab Warga Negara Terhadap Konstitusi Dan Dasar
Negara

Dasar negara sebagai penjabaran dari dasar negara sekaligus landasan konstitusional hidup bernegara memiliki peran yang amat penting dalam suatu negara. Di Indonesia, sampai saat ini berhasil mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara. MPR RI telah berhasil menyampurnakan UUD 1945 yang merupakan penjabaran dari dasar negara pancasila melalui 4 amandemen yang berlangsung dari tahun 1999 – 2002.
Menjadi tanggung jawab di lembaga-lembaga negara seperti MPR, DPR, Presiden dan Wakil presiden, Kementrian Negara, MH, MK, dan BPK/DPRD. Untuk menjalankan sesuai dalam konstitusi/UUD 1945.
Sebagaiu warga negara, rakyat Indonesia bertanggung jawab untuk membangun kesadaran hidup sesuai dangan Pancasila dan UUD 945.

Uraian UUD 1945

PEMBUKAAN UUD 1945

Tiap-tiap alinea dalam pembukaan UUD 1945 terkandung pokok-pokok pikiran yaitu :
Alinea 1- a. Kemerdekaan adalah hak segala bangsa
b. segala bentuk penjajahan harus di hapuskan
c. bangsa Indonesia perlu membantu bangsa-angsa lain yang ingin
merdeka
Alinea 2- a. perjuangan bangsa Indonesia telah sampai kepada saat yang tepat untuk
Memproklamasikan kemardekaan
b. Kemerdekaan bukanlah akhir dari suatu perjuangan
c. Perlu upaya mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan negara merdeka,
bersatu, berdaulat, adil dan makmur
Alinea 3- a. Kemerdekaan yang diperoleh banga Indoneesia diyakini sebagai berkat
Rahmat Allah yang maha kuasa
b. Kemerdekaan bangsa Indonesia di motifasi juga oleh keinginan luhur untuk
menjadi negara yang bebas dari penjajahan.

Hubungan dasar negara dan konstitusi

HUBUNGAN DASARNEGARA DAN KONSTITUSI

Dasar negara berkedudukan sebagai norma hukun tertinggi negara dan menjadi sumber bagi pembentukan norma-norma hukum di bawahnya, salah satunya adalah konstitusi.
Hubungan antara dasar negara dan konstitusi nampak pada gagasan dasar, cita-cita dan tujuan negara yang terdapat dalam pembukaan UUD suatu negara.
Dasar negara dan konstitusi mempunyai hubungan secara yuridis, filosofis dan sosiologis
1. Secara yuridis
Keterkaitan dasar negara dengan konstitusi bahwa konstitusi mengandung pokok-pokok pikiran dasar negara yang diwujudkan dalam bentuk pasal-pasal.
2. Secara filosofis
Konstitusi di dasarkan pada filosofil bangsa tersebut yang berakar pada budaya bangasa.
3. Secara sosiologis
Konstitusi dapat menampung nilai-nilai yang berkembang di masyarakat yang bersumber kepada dasar negara dalam penyelenggaraan pemerintahan

pidato bahasa inggris

Asalamualaikum wr.wb

I honorable my teacher and all my friend I love you all
The first i want to thank to allah because we can collect in here on the good situation and i hope it’s be deed for all, amin

Today i would like speech about ''Sex Education at School''

Teenagers are the most important part of the growth of the country. They are the new generation. However there are many teenagers have been depraved. They run to drugs, commit suicide free sex, drink alcohol, smoking, etc. Those are spreading in teenagers’ life. And the most popular problem is free sex. Many teenagers think that sex before married is proper. We know that it is very bad for them. There are many bad effect of free sex. Such as, we can suffer from HIV/AIDS and then the pregnancy for the girls. It will damage their future.

Teenagers must be given sex education especially at school. The need of comprehension about human sexuality in teenagers’ life must be fulfilled. They must know about free sex life and the sex crime that often happened. They must aware about responsibility of their self. They should get much information about sexuality rightly for them. The information can be given by sex education at school. The teachers can describe sex for the students in order that the teenagers will avoid sex before married.

School is good mediator in giving sex education for the teenagers. School has good condusif situation. School and the teachers are the second circle after the family. It will be better if the teachers hold an event like seminar with a doctor as the speaker. In order that the teenagers can get sex education deeply and give them the aim of sexual activity correctly. With sex education, the teenagers will be careful in doing something about sex. Although they know about how to avoid the pregnancy, put virginity is very important for the woman. Sex before married just makes us fall into a trap. There are some aims of sex education for the teenagers. Which are they can understand that sexuality as the part of life. They also know about the consequences of un-responsible sex activity.
So, sex education is very needed for the teenagers. Starting now, sex education must be given to them. And for sure, the teenagers that fall into free sex. Drugs, alcohol, etc just a few part of many teenagers that want to study hard, and avoiding free sex.

Finally, I would like to convoy my highest appreciation. And heart felt thanks to the distinguished participants and the speakers of English speech contest today. Thank you for your kind attention, and

Wassalamuallaikum Wr.Wb

Text drama

TEXT DRAMA

DI SEBUAH TAMAN KALA BULAN MULAI MENAMPAKKAN CAHYANYA YANG AGUNG, DUDUKLAH OMEGA DIAM DALAM KEHENINGANNYA SENDIRI. KEMUDIAN DATANG SESEORANG DI SAMPINGNYA SALING MEMBELAKANGI, KEMUDIAN MEREKA SALING BERBICARA

etika keperawatan

ETIKA
Pengertian etika secara umum
Etika berasal dari bahasa Yunani “ethos” yang berarti watak kebiasaan atau adat kebiasaan (custom). Etika biasanya berkaitan erat dengan perkataan moral yang merupakan istilah dari bahasa latin, yaitu “mos” dan dalam bentuk jamaknya “mores” yang berarti juga adat kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik (kesusilaan), dan menghindari hal-hal/tindakan yang buruk.
Etika dan moral kurang lebih sama pengertiannya, tetapi dalam kegiatan sehari-hari terdapat perbedaan, yaitu moral adalah untuk penilaian kegiatan yang dilakukan sedangkan etika yaitu untuk pengkajian sistem nilai-nilai yang berlaku.

peranan bakteri dalam kehidupan manusia

PERANAN BAKTERI DALAM KEHIDUPAN MANUSIA
Anggapan bahwa bakteri merupakan makhluk hidup yang merugikan manusia tidaklah sepenuhnya benar. Bahkan, bakteri lebih banyak menguntungkan dari pada merugikan manusia. Lebih dari 90% bakteri justru bermanfaat. Mulai dari penghasil antibiotik, vitamin, bahan-bahan kimia, sampai penghasil biosida. Sementara itu, bakteri yang merugikan umumnya berkaitan dengan dengan penyabab rusaknya makanan dan penyabab penyakit pada manusia dan hewan.

struktur bakteri

Struktur bakteri
Struktur bakteri terbagi menjadi dua yaitu:
1. Struktur dasar (dimiliki oleh hampir semua jenis bakteri)
Meliputi: dinding sel, membran plasma, sitoplasma, ribosom, DNA, dan granula penyimpanan
2. Struktur tambahan (dimiliki oleh jenis bakteri tertentu)
Meliputi kapsul, flagelum, pilus, fimbria, klorosom, Vakuola gas dan endospora.

pengertian etika profesi keperawatan

Pengertian Etika profesi Keperawatan
Kata etika berasal dari bahasa yunani, yaitu Ethos, yang berhubungan dengan pertimbangan pembuatan keputusan, benar atau tidaknya suatu tindakan karena tidak ada undang-undang atau peraturan yang menegaskan hal yang harus di lakukan . Etika berbagai profesi digariskan dalam kode etik yang bersumber dari martabat dan hak manusia (yang memiliki sifat menerima) dan kepercayaan dari profesi. Profesi menyusun kode etik berdasarkan penghormatan atas nilai dan situasi individu yang di layani.
Kode etik disusun dan di sahkan oleh organisasi atau wadah yang membina profesi tertentu baik secara nasional maupun internasional. Kode etik merupakan konsep etis karena profesi bertanggung jawab pada manusia dan menghargai kepercayaan serta nilai individu. Kata seperti etika, hak asasi, tanggung jawab, mudah di definisikan , tetapi terkadang tidak jelas letak istilah tersebut diterapkan dalam suatu situasi.

sejarah perkembangan hak asasi manusia

Sejarah Perkembangan Hak Asasi Manusia

Prinsip pengakuan dan perlindungan terhadap hak-hak asasi manusia, merupakan bagian dari prinsip perlindungan hukum. Istilah hak asasi manusia di Indonesia, sering disejajarkan dengan istilah hak- hak kodrat, hak-hak dasar manusia. natural rights, human rights, fundamental rights, gronrechten, mensenrechten, rechten van den mens dan fundamental rechten Menurut Philipus M Hadjon, di dalam hak (rights), terkandung adanya suatu tuntutan (claim). Pengertian hak asasi manusia berdasarkan ketentuan Pasal 1 angka 1 UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM dan UU No. 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Kuasa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, Pemerintah dan setiap orang, demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia

Hidroponik

BAB II
1. SEJARAH HIDROPONIK
Pada tahun 1860,profesor julius von suchs melakukanpenelitian untuk mencari sumber zat makanan yang penting bagi tanaman. Beliau menamukan bahwa tanaman menyerap air melalui akar-akarnya dan mengirim zat makanan itu ke atas untuk di salurkan ke seluruh bagian tanaman.
Pada tahun 1936, W.R Gericke dan J.R. Travernetti dari universitas California, menerbitkan karangan tentang penumbuhan tanaman tomat dalam air dan di lerutkan zat makanan yang berhasil dengan memuaskan.
Sekitar tahun 1928-1940, W.R. Robbins, seorang sarjana dari Amerika mencoba bertanam di atas lapisan pasir yang telah di aliri larutan mineral. Keberhasilan itu kemudian mendorong orang lain untuk mencoba bertanam di atas berbagai media, seperti: kerikil, pecahan batu karang, arang kayu dan vermiculite (sejenis silikon yang berlendir).
Hidroponik yang asal katanya adalah hidro ponics berasal dari bahasa Yunani, yaitu hydro dan ponies. Hydro artinya air dan ponies artinya kerja. Jadi hidro ponik dapat di artikan sebagai cara kereja air atau di sebut juga hydroculture.

Bahaya dan pengertian DBD

BAHAYA DAN PENGERTIAN DBD

Karya Tulis
Disusun untuk memenuhi Tugas Bahasa Indonesia













Disusun oleh: